Asupan Air Yang Kurang Penyebab Masalah Kesehatan Kulit

Semua orang menyadari bahwa air minum sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan karena memungkinkan sistem internal dari tubuh kita agar berfungsi dengan baik. Setiap hari, kita perlu minum air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Tubuh kita kehilangan air dalam banyak hal seperti ekskresi, berkeringat, dan pernapasan. Tubuh mengalami dehidrasi atau asupan air yang kurang, juga merupakan penyebab masalah kesehatan dan kesehatan kulit.

Manfaat Meminum Air

  1. Minum air dengan jumlah yang cukup setiap kali akan mengurangi rasa lapar, dan akan menghasilkan tubuh menerima lebih sedikit kalori karena asupan makanan yang berkurang.
  2. Minum air putih juga membantu menghilangkan limbah dan lemak dari makanan yang kita konsumsi.
  3. Membantu menyesuaikan keseimbangan tubuh dan mengurangi panas internal.
  4. Minum air dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh membantu mengurangi risiko yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti mencegah Gastro-Esophageal Reflux Disease atau GERD karena air membantu mengencerkan asam dalam sistem pencernaan.
  5. Minum air yang cukup juga mempengaruhi kesehatan kulit membuat kulit bercahaya, lembab, dan mengurangi jerawat, dan juga menghindari kerut pada wajah.

Masalah Kesehatan Kulit Karena Dehidrasi

  1. Gejala pertama dari kulit yang mengalami dehidrasi atau kekurangan minum air  untuk kebutuhan tubuh adalah kekeringan dan kulit kusam. Ketika Anda menyentuh kulit wajah, Anda akan segera merasa bahwa kulit menjadi kering.
  2. Dried and flaky skin can be easily noticed when applying powder or foundation and leave it for a while. Wrinkles will appear, and it will become flaky. If facial skin is very dried, makeup or powder will not stay.Kulit kering dan terkelupas dapat dengan mudah terlihat ketika Anda menggunakan bedak tabur atau foundation, keriput akan muncul. Jika kulit wajah sangat kering, makeup atau bubuk tidak akan dapat menempel pada kulit wajah.

Cara Yang Tepat Untuk Minum Air

Tubuh kita terdiri dari 60-70 persen air. Oleh karena itu, setiap hari, kita harus minum air yang cukup untuk kebutuhan tubuh setidaknya 6-8 gelas per hari, atau sekitar 2 liter. cara yang tepat untuk minum air adalah sebagai berikut;

  1. Anda harus minum air segera setelah bangun di pagi hari setidaknya 2-4 gelas sebelum menggosok gigi.
  2. Jangan minum banyak air sekaligus, tapi Anda harus minum dengan jumlah kecil namun sering.
  3. Minum setidaknya 6-8 gelas per hari atau 2 liter per hari agar dapat mencukupi kebutuhan tubuh, dan menggunakan air untuk mengeluarkan kotoran di dalam pori-pori, yang merupakan salah satu penyebab jerawat.
  4. Sambil makan, Anda tidak harus minum air sepanjang waktu karena akan mengencerkan enzim pencernaan di dalam perut sehingga sistem pencernaan tidak akan berfungsi dengan baik.
  5. Anda harus minum segelas air sebelum makan, dan satu gelas lagi setelah makan, serta satu gelas sebelum makan siang, sore, dan malam hari.

Learn more