Jika kita berbicara tentang masalah lingkungan, kebanyakan orang berpikir akan deforestasi, air tercemar, atau polusi udara, yang berdampak pada kehidupan dalam masyarakat. Solusi untuk masalah ini adalah kampanye mempromosikan kesadaran diri terhadap polusi tersebut, atau menanamkan kesadaran di masa muda untuk berpartisipasi dalam berbagai bentuk pelestarian lingkungan, yang berfokus pada masalah dan solusi yang menghadap alasan utama untuk masalah-masalah lingkungan.

Alasan utama untuk masalah lingkungan;

  1. Meningkatkan Populasi

Alasan utama untuk masalah lingkungan adalah aktivitas manusia. Peningkatan populasi juga berarti permintaan yang lebih tinggi untuk sumber daya seperti tempat tinggal, lahan untuk pertanian, mineral, sumber energi, air, dan makanan. Ketika sumber daya yang tersedia tidak mencukupi, lingkungan hancur untuk memenuhi tuntutan, yang merupakan faktor mendasar untuk hidup.

  1. Ekspansi Ekonomi

Ekspansi ekonomi menciptakan masalah pemanfaatan sumber daya berkelanjutan karena pertumbuhan ekonomi menyebabkan standar untuk mengubah hidup. Misalnya, peningkatan permintaan fasilitas untuk diri sendiri. Saat ini, Anda dapat melihat bahwa setiap keluarga mungkin memiliki banyak mobil untuk memenuhi permintaan dari anggota keluarga, yang mengakibatkan dampak lingkungan seperti polusi udara, polusi suara, getaran. Serta tuntutan lain yang menyebabkan dampak lingkungan karena tidak ada pengganti setelah seperti penggundulan hutan, pemanfaatan sumber daya air, dan lain-lain telah habis.

  1. Kemajuan Teknologi

Teknologi canggih mempromosikan pemanfaatan sumber daya lebih mudah. Ada juga alat-alat pertanian modern yang berkaitan dengan produksi seperti aplikasi pupuk kimia dan insektisida meninggalkan residu yang dapat menyebar ke sumber air menyebabkan masalah air tercemar yang sulit untuk dibersihkan.

  1. Bencana Alam

Beberapa masalah lingkungan akibat bencana alam seperti kebakaran hutan, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi disebabkan oleh manusia.

Dari alasan utama dari masalah lingkungan, kita dapat melihat bahwa sebagian besar dari mereka adalah dampak dari aktivitas manusia, apakah itu peningkatan populasi, pertumbuhan ekonomi, kemajuan teknologi, dan masalah lingkungan akibat bencana alam, yang beberapa juga akibat aktivitas manusia. Oleh karena itu, untuk menemukan solusi untuk masalah lingkungan, selain menggunakan berbagai metode, mencegah masalah dengan berfokus pada aktivitas manusia juga metode penting yang harus dilakukan secara paralel.